Kurang 1000 Dapet Diskon 10%


Hari ini cerita gue asik banget, kocak abis. Tadi sore pas gue mau pulang sekolah, guru IPS gue nyamperin gue,"Woi ndul! (rambut gue skg model 'bulat') Besok bawa buku IPSmu lho ya, kalo gak bapak laporin ke waka kesiswaan!"....mampus gue.
Buku gue udah ilang sejak lama, guru IPS gue udah ngingetin gue berkali2 tapi gue masih kesusahan nyari buku gue. Sama sekedar bagi informasi, kalo waka kesiswaan sekolah gue lebih galak dari anjing tetangga. Karena poin gue 60, dan hukuman gabawa buku paket kalo ketahuan waka kesiswaan +15, poin gue mencapai 75 dan gue terpaksa harus diskors..asem. 

Jadi malem ini gue mutusin buat beli buku IPS, mumpung bokap gue baik mau ngasih gue duit buat beli buku. Bokap gue ngasihnya 50.000 soalnya gue bilang ke beliau harganya 44.000, sama gue bawa 2000 buat parkir. Gue mikirnya paling bukunya 20.000an, jadi gue santai aja. Gue mikir habis beli buku duitnya bakal sisa jadi gue bisa ngopi ntarnya ketemu temen gue yg kebetulan lagi hang-out pas gue beli buku. 

Di jalan bensin gue sekarat, tapi untung gak sekarat kayak orang mau mati gitu, motor gue gak kesurupan gitu tapi maksud gue sekarat disini bensin gue nipis level dewa bro. Gue isi dulu bensinnya, habis 5000. Duit total gue awalnya 52.000, sekarang minus 5000 jadi 47.000. Gue mikirnya oke aman, masi bisa ngopi. Sampe Gramedia, bayar parkir 1000. Sisa 46.000, sante braay. 

Gue naik, naik, ke puncak gunung~ *plakk. -.- Kagak, gue naik tangga ke lantai dua, langsung nyari bagian buku SMP kelas 2, gue scanning, dan ternyata gak ada virus! *doubleplakk. Gue nemu buku paket IPS yang gue cariin, gue mikirnya alhamdulillah makasih ya Allah~~~ Dan ternyata............harganya..............................

47.000..............

MEPET LV. DEWAA SODARAAA!! Kenapa pas banget sama duit gue yang tinggal 46.000 inii?!! Gue doa astaghfirullah ini cobaan woles shidqi woles. Woles. Gue bawa tas pas itu, jadi gue geledahin tas gue demi nyari 1000 perak. Soalnya seinget gue di pojokan tas kompas butut gue ada koin 1000 yang tak tersentuh dan ternyata........kering. Gue baru inget kalo gue make 1000 perak itu tadi siang buat beli es pas sekolah gue ada fogging, jadi gue bisa ke warung beli es, sekalian hindarin asapnya. 

Ngeliatin gue yang panik nyari 1000 perak di tas, saku, dompet, selangkang, dan segala penjuru tempat ber 'sela' di sekujur tubuh gue, ada karyawan gramedia nyamperin gue. Gue mikir 'mampus, gue dianggep buronan.'. Ternyata nggak, muka gue emang suram kayak buron tapi mas mas itu bijaksana, jadi dia nyamperin gue nanya, "Ada yang bisa saya bantu mas?". Gue diem, "Anu mas, kalo duitnya kurang 1000 gak papa?". Pertanyaan goblok. Mas itu ketawa kecil, "Hahahaha...Nggak.". Gue ketawa awkward dikit, gue cerita2 ttg betapa butuhnya gue sama buku itu, masnya punya simpati, alhamdulillah, 

"Gini aja mas, uang mas ada 46.000 kan?" 
saya jawab, "Kok tahu?" 
"Ya tadi masnya bilang kurang 1000 gimana seh" 
"Oia,hehe" 
"Gini mas, Gramedia ini punya diskon buat karyawan sini yang mau beli, dapet potongan 10%. Gimana kalo bukunya beli pake atas nama saya, tapi duitnya pake duitnya mas? Lumayan dapet potongan lho mas."

Gue diem... Beli buku pake nama OB Gramed, yg njaga kasir cewe, bayarnya duit gue. Dipikiran gue terlintas maksudnya masnya itu mau 'mbayar' buku gue ke mbaknya dgn ng**** sama mbaknya, terus gue bayarin masnya karena udah mbayar cewe kasirnya (?). Astaghfirullah. Karena gue tahu itu hal yang tidak mungkin jadi saya serahkan semuanya sama masnya. Dia senyum, bawa buku gue ke kasir, kembali dengan kresek dan kembalian, "Ini mas, potongannya 4.700 yaa, jadi kembaliannya 2.300 ya, makasih udah belanja di Gramedia :)". Gue salimin masnya, gue doain biar 7 turunannya selamet karena udah nyelametin nama gue yg gajadi didiskors gara2 gabawa buku IPS, "Makasih buanyak mas! Semoga Allah memberkati sampeyan!". Tapi kemudian masnya ngaku kristen. Ups. 


Ya gak masalah, yang penting sekarang gue udah nemu buku IPSnya, duit gue kembalian. Tapi gue gajadi mbelanjain sisa duit gue, gue niatnya mau mbalikin ke bokap yang udah ngasih duitnya ke gue. Gue kira ini pelajaran, cobaan dari Allah, biar kita gak nyia - nyiain duit sama biar njaga barang benda, dsb.. Semua kejadian ada sebab dan akibatnya. Gue pulang, dan nulis ini di blog gue. Semoga bisa buat pelajaran buat kita semua. Sekian, makasih udah mbaca bray :)

No comments:

Post a Comment